Minggu, 19 Mei 2013

Catatan Simbik 07 : Nama dan Wajah Antik


Malam ini lumayan spesial (buat saya paling enggak). Apa pasal? Pasalnya, pasal 28 ayat 3. Eh, maksudnya tuh, pasalnya tim sepakbola kesayangan saya, Persipura Jayapura, baru saja menang lawan Gresik United, jadi jaraknya 7 poin sama Persib Bandung. Tapi bukan cuma itu, lho! Saya juga mau nonton film Harry Potter 6 di RCTI. Mungkin beberapa orang udah nonton, jadi gak terlalu spesial. Sebenernya saya juga udah pernah nonton DVD-nya di rumah temen saya, tapi saya jadi nangis nontonnya (emangnya film sedih??). Kenapa? Soalnya, enggak ada subtitle-nya, jadi yang pada nonton enggak ngerti artinya (wkhwkhwkh). Makanya sekarang spesial banget, deh (khekhekhe). Sampe bela2in beli ayam bakar segala, nih (soalnya gak ada lauk juga di rumah).



Antiknya leluhur Mbah Darwin


Ya sudahlah (jare 8ondan Winarno, eh, bukan ya?). Kembali ke tanktop (tanktope sapa, mbuh?)! Saya kadang heran sama 'temen2' saya, kenapa mereka pada manggil saya 'Mbah'? Padahal rambut saya masih pada item, umur saya juga relatif muda di antara teman2 seangkatan waktu SMA (imut2 lah pokoke). Apa muka saya emang keliatan tua (banget), ya? Menurut saya enggak. Muka kaya saya ini bukan muka tua, tapi muka antik. Beda antara muka tua sama muka antik. Muka antik belum tentu tua, muka tua belum tentu antik. Misalnya aja Tukul Arwana. Mukanya Mas Tukul 'kan terkenal 'antik' banget tuh, enggak ada yang nyamain. Mukanya kaya Pulau Papua gitu, 'kan antik banget tuh (just kidding, Mas Kul, khekhe). Saya juga. Enggak ada di toko tuh, muka kaya saya.

Tapi ada segelintir makhluk (kejem nemen ari ngarani) yang bilang kalau muka saya mirip orang lain (langsung kebayang sama Leonardo Dikamplengi atau Arnold Suasanaseger). Ternyata eh ternyata, miripnya sama temen SMP dia yang namanya Simbik. Mulai saat itu saya dipanggil Simbik. Padahal nama asli saya keren loh. Indra Purnama Sultan Bolkiah (ibu saya yang suka manggil gitu). Keren toh (overnarsis dikit gak papa lah)?? Tapi lama kelamaan panggilan Simbik malah jadi Simbah. Aduuhhh...maafin makhluk2 itu, ibundaku, yang sudah mengubah nama ananda seenaknya (ceileee). Yah, nama itu kan doa ya (kata kata pak ustadz). Nama saya Indra Purnama itu ada artinya, saudara2 (aja dolan2 lah). Menurut buku Mbah Jambrong, Indra Purnama itu nama berbau2 India (asal jangan berbau bangkai aja ya). Di buku Si Mbah Jambrong tadi, Indra itu artinya 'raja', kalau Purnama itu 'kan waktu bulan paling terang (salah satu fase bulan, gitu). Jadi, Indra Purnama maksudnya 'seorang raja yang bercahaya seperti saat bulan Purnama' gitu kali yee (nyimpulin sendiri, tuh). Bukan narsis loh, saudara2, tapi cuma pamer aja (wkhwkhwkh). Makanya, jangan suka ngganti2 nama saya sembarangan, ya. Aran kuwe wis dislameti koh, enak nemen diganti2. Slametan maning ari pan ngganti arane kancane, ya.

Eh, malah ngomongin nama. Sebenernya saya mau ngomongin soal jadul2an soalnya saya lagi suka (emang dasarnya suka) sama hal2 berbau zadul. Misalnya aja, muka jadul (ngaku juga akhirnya). Saya juga suka yang berbau2 sejarah, yang kayanya kurang disukai anak zaman sekarang (pantesan dipanggil Mbah). Kaya cerita sejarah, naskah kuno, silsilah raja2, bangunan2 kuno, de e be. Saya juga suka pemikirannya Bung Karno (bukan temennya bungkusan, ya), yang kadang udah dilupain sama anak2 sekarang. Sekarang sih, pada tahunya yang bangsa2 boyband, girlband, 4L4y bin lebay (lebay deh...). Namanya beda zaman ya. Tapi Bung Karno pernah bilang JASMERAH (bukan jas butut, ya) alias Jangan Sekali2 Melupakan Sejarah. Maksudnya, kita jangan sampai melupakan sejarah kita soalnya kita yang sekarang itu ada sebab ada pendahulu2 kita yang memperjuangkan keberadaan kita terutama keberadaan Negeri kita tercinta yang kita huni sekarang. Kalau enggak ada mereka, mungkin kita masih dijajah Landha karo Jepang.

Sebentar lagi (besok), adalah Hari Kebangkitan Nasional. Tanggal 20 Mei, kita memperingati hari di mana Budi Utomo yang dianggap sebagai organisasi kebangsaan pertama, yang menandai kebangkitan awal bangsa kita. Begitu juga kita generasi muda juga kudu bangkit. Jangan terus2an dininabobokan oleh kemalasan atawa kenyamanan. Harus bangkit, bangkit dari keterpurukan (udah kaya motivator, yee...). Mumpung masih muda, ayo berkarya, jadi apa kek, biki apa kek, gitu, yang berarti buat bangsa. Saya juga pengen banget nyumbang buat negeri, tapi baru sampai bikin catatan ngawur gini (payah, deh). Tapi jangan patah semangat, masih ada hari esok. Selama kita bisa, kita kudu berusaha melakukan yang terbaik, buat diri, buat keluarga, buat bangsa, juga agama kita.

Dan juga jangan lupakan sejarah kita. Bukan mengungkit masa lalu, tapi mengambil pelajaran dari para pendahulu yang baik2, dan tidak mengulangi kesalahan mereka.

Duh, rasanya jadi kaya guru sejarah ya. Walau belum sempet jadi guru beneran, jadi guru gadungan dulu enggak apa2 deh (penipuan tuh). Ambil positifnya aja dari catatan saya, yang negatif buat kambing tetangga aja (kalau enggak ada kambing, kebo juga boleh).

Selamat makan (laper sayanya).

:D

end

(Ruang keluarga, 19-05-'13; jam 23 kurang setengah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar