Rabu, 15 Mei 2013

Catatan Simbik 02: Masih Ngobrolin Jejak


Gak tau kenapa akhir2 ini saya lagi nafsu banged buat nulis (ngetik maksudnya). Apa aja deh yang sekiranya bisa ditulis ingin saya coba sampaikan buat rekan2 yang berkenan membaca. Kalau gak berkenan ya merem aja gak usah dibaca. Catatn yang sekarang gak ditulis pas migren koq, tapi pas sadar sesadar-sadarnya (ngelindur).

Kenapa saya milih judul "Catatan Simbik"? Karena ini jelas bukan Catatan Si Boy apalagi Catatan Si Olga, jauh dah pokoknya. Ini cuma hasil pemikiran saya yang cetek kaya empang lagi kemarau, jadi mohon mangap kalo tulisannya acakadut ya.

Saya masih suka ngomongin jejak (kaya semalem), gak tau kenapa. Tulisan ini juga salah satu 'jejak' yang saya tinggalkan di Profil saya, biar ada bukti kalau saya pernah eksis dalam dunia per-pesbuk-an. Selain foto2 4L4y dan puisi galau saya (ciee galau nih yee...).

Jejak. Kalau bangsa kucing alias felidae, meninggalkan jejak mereka dalam bentuk air seni (water art), terutama untuk menandai wilayahnya. Jadi, kalau ada kucing lain (bukan kucing garong) yang lewat di situ, dia jadi tahu kalau tempat itu ada yang punya. Oh ya, bangsa kucing yang saya maksud gak cuma kucing rumah atau kucing burik ya, tapi juga mencakup kucing2 besar kaya macan, singa, cheetah, puma, adidas, de el el.

 
     Kucing lagi nahan jejaknya (nahan pipis)

Kalau manusia kayaknya agak susah kalau harus pipis buat nandain tempat kepunyaan dia. Bisa2 semua properti kita bau amoniak dong. Jadi inget dulu saya pernah mabok amoniak pas praktikum kimia di SMA (gini2 saya pernah sekolah juga loh). Baunya ngujubile banged, kaya water art yang ditampung 10 tahun gak dibuang2 (lama2 jadi bir tuh).

Nah, jejak manusia selain foto atau jasa, juga bisa diabadikan lewat karya. Seperti yang semalem saya bilang, buat para seniman inilah cara mengabadikan ke-eksis-an mereka dalam hidup. Karya mereka kalo pas bagus bisa dikenang, ditulis ulang, direpro, dipentaskan, e te ce. Tapi kalau gak bagus ya ujung2nya dilempar ke TPU deh (kaya punya saya). 

Mahasiswa juga punya cara jitu untuk meninggalkan jejak kehiperaktifan mereka. Demonstrasi a.k.a. Demo. Ini bukan demo masak atau demo produk ya, apalagi demo kendaraan roda tiga (lawakan garing). Ini demo yang sering kita lihat di TV, yang pada turun ke jalan, bawa spanduk, teriak2, manjat2, bahkan ada yang sampe bakar2 (bukan ayam yang dibakar). Mereka2 ini (katanya) mengatasnamakan keadilan, kebaikan, pokoknya bagus deh tujuannya. Tapi anehnya, jejak yang mereka tinggalkan koq jelek. Jalan jadi macet, ada yang masuk RS (Rumah Sehat), infrastruktur alias sarana umum pada rusak. Maaf maaf kate nih, bukan maksud menyalahkan, tapi cuma mengoreksi aja. Niatnya mungkin baik, cuma caranya kurang etis menurut saya loh. Kan lebih baik ngomong 4 mata kalo perlu 8 mata, asal jangan ngundang Tukul aja nanti jadinya Bukan 4 Mata donk. Kalo mau demo (biar masuk TV) ya sebaiknya jangan merugikan kepentingan umum lah ya. Itu sarana umum kan bikinnya pake duit rakyat, sampeyan demo katanya membela kepentingan rakyat, tapi koq ya sempet2nya ngerusak yang dibikin pake uang rakyat. Ingatlah, nanti berapa tahun lagi, kalau sampeyan ternyata jadi anggota Dewan atau pejabat, sampeyan juga bisa kena demo loh. Hukum Karma kalau kata Biksu Tong.

Ya itu namanya kehidupan, ada pro ada kontra. Ada hitam, ada putih. Kalau gak suka ya sampaikan dengan baik dan sopan, jadi gak menyinggung orang lain, apalagi sampai merusak. Ksihan. Dan lagi demo2 gitu biasanya menular. Sekarang kita lihat warga juga ikut2an demo. Kemarin saya lihat ibu2 pada demo masak, eh salah, pada demo menolak penggusuran. Tapi perlu digarisbawahi juga, kenapa menolak, padahal yang digusur tanah pemerintah sendiri. Yang nggusur yang punya, koq yang gak punya hak malah gak terima. Mbah saya bilang, wong Indonesia saiki pada gemblung.

Mungkin karena pengaruh apa yang merka lihat di TV kali ya. Atau karena kurangnya pendidikan budi pekerti di sekolah. Yah, kalau itu urusan Menteri Pendidikan aja deh. Nanti kapan2 saya bahas deh (kalau lupa).

Ternyata sudah siang dan perut saya mulai rock n roll-an. Mungkin gara2 globalisasi jadi perut saya yang biasanya keroncongan, sekarang jadi rock n roll-an. Saya makan dulu aja deh, nanti kapan2 disambung lagi. Saya simpulkan aja, niat baik kalau bisa harus menggunakan cara2 yang baik juga ya. Kalau niat baik tapi caranya buruk ya jejak yang ditinggalkan jadi jelek.

Semoga gak ada yang tersinggung atas tulisan saya. Semoga banyak yang tersungging deh ya (senyumnya). Selamat rehat siang.

:D

end

(Warnet Capung bilik 7, 14-05-'13; jam berapa saya lupa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar