Senin, 13 Mei 2013

Catatan Simbik 01: Jejak Manusia dalam Kehidupan dan Kematian



Yang udah baca judulnya mungkin ngerasa takut atau angker duluan. Tenang aja, ini bukan cerita horor atau merek minuman keras. Ini cuma ngelanturan saya pas lagi migren malem2 (ora takon).

Pernah saya mikir, kenapa saya setiap ke mana2 pasti bernafsu ingin foto2. Saya pikirin dari rambut saya gondrong sampe cepak, ternyata saya baru tahu kalo bukan saya saja yang begitu. Hampir sebagian besar manusia dari spesies Homo sapiens begitu juga (jare inyong).

Jadi dari hasil pertapaan saya di WC umum, saya jadi tahu kalo manusia itu sebenernya punya hasrat terpendam dalam alam bawah sadarnya, untuk selalu berusaha meninggalkan jejak ke manapun ia pergi, di manapun mereka berada, baik di dunia maupun setelahnya. Ini salah satu bentuk kenarsisan manusia, pengen dirinya dikenal paling gak sama temennya (kalo punya) atau sama orang lain. Dari jaman dulu sampe sekarang hampir setiap orang punya kecenderungan seperi ini (jare inyong).

Orang jaman dulu lebih mengedepankan aspek silaturahmi dalam meninggalkan jejak. Jadi kalo ke mana2 mereka berkenalan sama orang daerah itu, jadi bisa dikenal (dan dikenang) di setiap tempat yang disinggahi, sekaligus menambah teman dan memperpanjang usia. Makanya orang jaman dulu rata2 sekarang udah pada tua (ya iya lah, emang mau muda terus).

Kalo dilihat lebih jauh lagi, manusia purba (mbahnya Darwin) juga punya kecenderungan yang sama. Mereka berhubung masih primitif, biasa meninggalkan jejak keberadaan mereka di gua2 yang pernah mereka tinggal pake gambar2, pake cat oker (bukan cat tembok loh ya). Gambarnya macem2, ada yang gambar tangan, babi hutan, rusa, topeng, asal jangan gambar JKT48 aje ye.

Jejak2 manusia purba

Nah, kalo orang jaman sekarang lain lagi modelnya. Orang sekarang kalo pergi ke manapun, kapanpun, sama siapapun, selalu bawa kamera (atau hape berkamera), biar bisa mengabadikan jejaknya di tempat itu. Entah orangnya punya bakat model ato gak tetep foto2 lah dengan gaya (sok) keren atau gaya alay (beneran). Ada yang tangannya di mulut, ada yang mangap, ada yang jungkir balik, sampe balik badan segala, macem2 emang kelakuannya.

Begitu pula kalo sudah mati, manusia masih juga ingin meninggalkan jejak, tapi bukan foto dalam kubur, karena susah juga kalo dalam kubur koq foto2 sama malaikat. Jejak orang mati disebut jasa atau kenangan yang hidup selama orang yang mengenalnya hidup (jare inyong). Bahkan yang lebih serakah lagi para seniman, mereka bikin sesuatu yang membuat dirinya dikenang selamanya (pake tanda kutip). Ada yang bikin lukisan, patung, puisi, drama, novel, sinetron, ftv, de el el. Orang dari berbagai generasi bisa menikmati karya2 mereka sekaligus membuat nama mereka tetap dikenal orang walau jasad mereka mungkin udah pada jadi pupuk kompos (ada juga yang jadi pajangan).

Karena itu para birokrat, para pejabat, terserah nyebutnya bagaimana, juga gak mau kalah. Mereka selalu berusaha membuat gebrakan biar mereka punya jasa yang bisa dikenang oleh rakyatnya. Juga gebrakannya harus lain daripada yang sama, gak boleh nyontek persis punya pendahulunya (entar kesannya gak mikir dong). Ada yang jasanya membangun, ada juga yang jasanya mritili duit rakyate, itu wajar saja. Ada yang jasanya baik buat rakyat, ada yang jasanya baik buat keluarganya tok, bahkan ada yang jasanya gak ada baiknya sama sekali. Itu masih wajar, masih mau bikin jasa atau kenangan, walau kenangan yang buruk. Yang gak wajar itu kalo jadi pejabat tapi gak bikin jasa apa2, kerjaane tidur tok kalo rapat.

Ya manusiawi lah kalo manusia ingin dikenal oleh sesama jenisnya (sesama manusia maksudnya). Kata mbah Aris(toteles), mausia itu makhluk so(k)sial yang gak bisa hidup sendiri alias butuh orang lain. Butuh dikenal, butuh bantuan, butuh tumpangan, sampe butuh tunjangan dari orang lain. Yang penting kita gak merugikan orang lain, kalo kata guru biologi minimal kita melakukan simbiosis komensalisme lah, syukur2 kalo bisa mutualisme, asal jangan parasitisme aja kaya benalu.

Jadi kesimpulannya, saya udah cape dn udah bingung mau ngetik apa lagi, jadi intinya kita harus sadar bahwa kita itu butuh (bagi yang ngerasa butuh, ayng gak ngerasa ya gpp) orang lain. Butuh teman, butuh dikenal (dan dikenang), butuh tunjangan, de el el. Makanya kita sebaiknya gak saling merugikan orang lain. Kita juga ada baiknya meninggalkan jejak yang baik aja, yang buruk lebih baik dikubur dalam WC. Kalo istilah orang Jawa itu, Mikul dhuwur mendhem jero, tapi itu lebih pas diartikan mengangkat derajat keluarga dan menutupi aibnya, tapi gak apa2 lah. Mirip.

Okeh, daripada ngelantur lama2 nanti pada bosen juga, mending saya coba tidur lagi deh ya. Semoga yang mbaca tulisan ini (kalo ada) gak pusing sama kosa kata saya yang tinggi banget kaya pohon jati (habis ditebang). Kurang lebih kali baginya mohon maaf. Selamat rehat malam.

:D

end

Tidak ada komentar:

Posting Komentar